Jumat, 04 Mei 2012

Hafal Al-Qur'an? I Wish !!!


Setelah bergabung di liqo, timbul  semangat untuk menghafal al-Qur’an. Ya meski pun saya sendiri belum terlalu yakin pada diri ini apakah bisa atau tidak menghafal  Al-Qur’an. Tapi setidaknya semangat itu sudah ada, dan insyaAllah...  semoga usaha itu Allah mudahkan sehingga membuahkan hasil yang memuaskan, Aamiin Allahumma aamiin.

Saya banyak minta pendapat ke teman2 bahkan ke murobbi, bagaimana siy agar mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an ? dan jawaban dari mereka hampir  rata-rata sama, intinya mereka bilang : kuatkan azam untuk menghafal, dan sering mengulang-ulang bacaan.

Dan memang hal itu sudah saya coba, dan Alhamdulillah berhasil. Meski belum sepenuhnya menghafal seluruh al-qur’an (Baca; baru juz 30, dan itu pun belum hafal semua. Baru sebagian z :-D heee) namun paling tidak saya sudah memulai usaha menghafal dengan permulaan yang memuaskan menurut saya pribadi :-D  hihihihi   #tetepNarcis

But actually ...  yang ingin saya sharing disini bukan hal di atas siy, melainkan cara menghafal Al-Qur’an dengan mudah. Kebetulan kemaren di kantor mati lampu, bosan gak ngapa-ngapain ,akhirnya pandangan saya tertuju pada lemari kantor yang didalamnya terpajang beberapa buku2 bacaan, nah dilemari itulah saya nemuin buku yang mana didalam buku tersebut ada article tentang cara menghafal Al-Qur’an dengan mudah. Siapa tau ini berguna buat teman2, klo unt saya pribadi mah sudah pasti berguna sob :-D heeee

ok... ini dia cara nya :

1. Mengingat Keutamaan Al-Qur’an.
Seperti ungkapan, “tak kenal maka tak sayang”, seseorang perlu mengetahui dan mengingat keutamaan menghafal Al-Qur’an, agar ia memiliki keinginan yang kuat untuk menghafalnya. Banyak dalil tentang keutamaan menghafal Al-Qur’an. Di antaranya, orang yang hafal Al-Qur’an tak akan merugi dalam berdagang dan rejekinya ditambah (QS. Faathir (35) : 29 – 30), menjadi keluarga Allah dan pilihannya (HR.Ahmad) , kedua orang tua nya memakai mahkota cahaya dihari kiamat (HR. Hakim), dll.

2.  Harus Yakin Bahwa Menghafal Al-Qur’an itu mudah.
Ir. Amjad Qosim dalam bukunya Kaifa Tahfazh Al-Qur’an Al- Karim Fi Syahr (Hafal Al-Qur’an dalam sebulan) menjelaskan bahwa menghafal Al-Qur’an itu mudah. Didalam buku itu juga disampaikan fakta tentang wanita sibuk yang ternyata bisa menghafal Al-Qur’an dalam waktu kurang dari sebulan, salah satu rahasianya adalah YAKIN bahwa menghafal Al-Qur’an itu mudah. Sebagaimana firman Allah : “Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Qur’an itu untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar : 22)

3.  Memakai mushaf Al-Qur’an yang sama.
Otak manusia memiliki kemampuan untuk men-snapshot buku yang dibaca dan mengingatnya secara visual. Otak dapat mengingat posisi suatu tulisan/ayat disebuah halaman, apakah dibagian atas, tengah atau bawah. Karna itu, bagi penghafal Al-Qur’an dianjurkan menggunakan satu mushaf yang sama selama menghafal. Agar ia lebih mudah untuk menghafal dan mengingat ayat.

4.  Membaca dan Mendengarkan ayat yang akan dihafal.
Seseorang akan mudah hafal sebuah lagu tanpa menghafalnya, hanya karena sering mendengarnya. Demikian pula dalam menghafal Al-Qur’an, seseorang akan lebih mudah  menghafal, apabila sebelumnya telah sering membaca atau mendengar ayat yang akan dihafal.

5.  Memahami makna ayat yang dihafalkan.
Sebelum menghafal, alangkah baiknya dipahami dulu makna dan jalan cerita ayat yang akan dihafal. Bila perlu, membaca juga terjemah dan tafsirnya. Dengan demikian, dapat diketahui maksud ayat dan hubungannya dengan ayat sebelum dan setelahnya. Hal ini terbukti dapat mempermudah dalam menghafal Al-Qur’an.

6.  Menghafal pada waktu-waktu berkah
Saat yang mudah untuk menghafal diantaranya pada waktu2 berkah. Seperti, waktu sahur, i’tikaf dimasjid, atau ketika sedang berpuasa.

7.  Mengulang hafalan dihadapan murobbi ,teman dan dalam sholat
Yang disebut hafal adalah mampu membaca dengan benar dan lancar. Hal ini akan diperoleh dengan cara mengulang hafalan (takrar/muraja’ah). Ingat!! Hafalan akan mudah hilang bila tidak di ulang. Dan ada baiknya di ulang dihadapan murabbi atau teman agar dapat memberi tau jika ada kesalahan. Selain itu juga dianjurkan mengulang hafalan pada waktu sholat, baik sholat wajib maupun sunah.

8.  Selalu menjaga semangat untuk menghafal Al-Qur’an
Setiap usaha untuk meraih kesuksesan tak lepas dari ujian. Demikian pula menghafal Al-Qur’an. Terkadang muncul rasa malas dan semangat berkurang, sehingga hafalan tak kunjung selesai. Maka, agar sukses menghafal Al-Qur’an seringlah membaca dan mendengarkan motivasi untuk menghafal Al-Qur’an, berkumpul dengan orang2 yang senang membaca dan menghafalkan Al-Qur’an, selalu membawa Al-Qur’an, dll.

9.  Menjauhi dosa dan maksiat
Dosa dan maksiat adalah penghalang utama dari mendapatkan ilmu dan menghafal.  Adh-Dhahhak berkata, “kami tidak mengetahui seorangpun yang menghafal Al-Qur’an kemudian lupa kecuali karena dosa.” Dan Imam As-Syafi’i seorang ulama yang sangat cerdas dan kuat hafalannya, pernah berkonsultasi pada gurunya tentang buruknya hafalan. Lalu beliau dianjurkan menghindari dosa dan maksiat. Hal ini diceritakan dalam sya’irnya : “Aku mengeluh pada Syaikh Waki’ tentang buruknya hafalanku, maka ia menasehatiku untuk meninggalkan maksiat. Sesungguhnya ilmu adalah cahaya Allah, dan cahaya Allah tak diberikan pada ahli maksiat.”

10. Berdo’a dan berusaha
Untuk mencapai kesuksesan, selain dibutuhkan usaha keras tentunya juga dibutuhkan do’a agar usaha yang kita lakukan dimudahkan oleh Allah Swt.


*Semoga Allah mudahkan semua usaha kita dalam menghafal kalamNya, Aamiin Allahumma aamiin.


Referensi : Buletin Sidogiri


Wassalam ^_^


0 komentar: